ikan pari

Write By: maj Published In: Created Date: 2015-11-15 Hits: 1845 Comment: 0

Bangsa ikan pari (hypotremata) memiliki ± 340 spesies, yang dibagi menjadi 5 kelompok utama, yaitu ikan pari gitar, ikan pari hantu, ikan pari gergaji, ikan pari sengat dan ikan pari luncur.

Bangsa ikan pari (hypotremata) memiliki ± 340 spesies, yang dibagi menjadi 5 kelompok utama, yaitu ikan pari gitar, ikan pari hantu, ikan pari gergaji, ikan pari sengat dan ikan pari luncur.

  1. Ikan Pari Gitar (Phinobatidae)

Ikan pari gitar memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan hiu, namun memiliki sirip dada yang agak kecil jika dibanding dengan sirip dada ikan pari lainnya.

  1. Ikan Pari Hantu (Mobulidae)

Ikan pari hantu ini dapat tumbuh besar dengan ukuran sirip dada yang hampir sama dengan sirip dada jenis ikan pari lainnya. Ikan pari hantu memiliki mulut yang lebih besar, yang dilengkapi dengan tonjolan di kedua sisinya.

  1. Ikan Pari Gergaji (Pristidae)

Ikan pari gergaji memiliki moncong yang sangat panjang, yang pada tiap sisinya ditumbuhi oleh gigi gergaji sebanyak 18-32 buah.

  1. Ikan Pari Luncur (Rajidae)

Ikan pari luncur merupakan jenis ikan pari yang paling populer di masyarakat, terutama masyarakat nelayan. Ikan pari luncur ini memiliki badan yang sangat pipih. Sementara sirip dadanya menyerupai sayap yang berukuran sangat besar terbentang rata dari moncong dan meruncing serta tiba – tiba. Ikan pari luncur memiliki dua sirip punggung yang terletak jauh di belakang ke arah ujung ekornya. Ikan pari luncur ini umumnya hidup di perairan dalam. Ukuran tubuh sedang ± 60 cm, walaupun ada yang mampu mencapai 2,4 m. Pari luncur yang dikenal sebagai pari raja ini memiliki dari 100 spesies. Salah satunya yaitu jenis batu halus atau pari pasir yang dapat di olah untuk industri.

  1. Ikan Pari Sengat (Dasgatidae)

Ikan pari sengat memiliki ekor yang pada bagian pangkalnya ditumbuhi dua duri berbisa (sengat), yang mampu menyebabkan luka yang sangat menyakitkan dan bahkan mematikan. Ikan pari sengat yang mampu tumbuh besar hingga mencapai ukuran diameter badan 1 m ini, memiliki ± 90 species. Salah satu species pari sengat ada yang dilarang oleh pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 4/KEPMEN-KP/2014 tentang penetapan status perlindungan penuhikan pari manta yaitu pari manta birostris dan manta alfredi.

Tags: ikan pari kulit

Leave A Comment

Captcha